hUmF2kFFNxUXpHWOJJD4ChZsbOGEuTjmm6eNDkYL

5 Hal yang Saya Lakukan Jika Memiliki Laptop Asus VivoBook 14 A416

Halo, nama saya Aljuni Hirossie, Anda bisa memanggil saya dengan sebutan Juni. Saya adalah seorang blogger sekaligus karyawan di salah satu perusahaan yang bergerak dibidang otomotif. Diposisikan sebagai seorang content writer, maka laptop adalah senjata utama saya untuk bekerja.

Laptop yang mumpuni dan juga nyaman digunakan ketika sedang mengetik adalah hal yang diidamkan oleh banyak pekerja kantoran terutama seorang content writer seperti saya.

Saya sebenarnya memiliki laptop yang sangat nyaman digunakan sebelumnya, laptop saya tersebut adalah Asus A450L. Laptop yang dibelikan oleh orang tua saya pada tahun 2015 tersebut kini sudah mulai menurun performanya karena kondisi baterai dan juga hardisk yang sudah mulai melemah.

Mendengar kabar bahwa Asus kembali meluncurkan produk laptop terbarunya di Indonesia membuat saya penasaran akan spesifikasinya. Laptop baru dari Asus tersebut diberi nama Asus VivoBook 14 A416 yang hadir dengan membawa kemudahan untuk berbagai kalangan seperti pekerja, pelajar. mahasiswa, hingga pengajar.

Dengan jargon atau tagline Easy portability, Effortless productivity maka laptop ini menghadirkan berbagai kemudahan untuk pemiliknya. Mulai dari bobot yang ringan, layar yang nyaman untuk dipandang, dapur pacu mumpuni, hingga keyboard yang ergonomis sehingga sangat nyaman untuk mengetik di laptop ini.

Saya memiliki angan, apabila saya memiliki laptop Asus VivoBook 14 A416 ini, maka saya ingin melakukan 5 hal yang selama ini terhalang karena tak adanya media yang mumpuni.

Berikut 5 hal yang saya lakukan apabila saya memiliki laptop Asus VivoBook 14 A416.

Belajar

Di situasi pandemi saat ini, belajar hal-hal baru adalah hal yang wajib dilakukan oleh banyak orang. Selain untuk bertahan dimasa yang sulit ini, belajar juga mampu menambahkan ilmu-ilmu baru yang sebelumnya tak diketahui. Apabila saya memiliki laptop Asus VivoBook 14 A416, maka saya ingin sekali belajar beberapa hal baru yang membantu saya untuk survive dimasa yang sulit saat ini. Berikut beberapa hal yang sedang dan ingin saya pelajari ketika memiliki laptop dari Asus ini.

1. Saham

Belajar Saham
Di masa pandemi Covid-19 seperti saat ini, belajar mengenai saham adalah hal yang perlu dilakukan oleh banyak orang. Hal tersebut karena saham diketahui dapat membawa keuntungan jangka panjang bagi pelaku yang menjalaninya. Hal ini lah yang membuat saya ingin mempelajari tentang saham dan sejenisnya, selain tak tahu uang gaji saya untuk apa, alangkah baiknya apabila uang saya bisa ditabungkan namun akan mendapat keuntungan dimasa depan. 

Dengan laptop Asus VivoBook 14 A416 ini saya optimis akan belajar lebih senang lagi mengenai saham ini.

2. Wordpress

Belajar Wordpress
Saya adalah seorang content writer di perusahaan saya saat ini bekerja, dengan blog yang saya kelola adalah berbasis wordpress, tentu saja saat pertama kali masuk saya sedikit kaget. Hal tersebut dikarenakan selama kurang lebih 8 tahun nge-blog, saya tak pernah menggunakan wordpress karena terpaku di zona nyaman saya yaitu platform Blogger.

3 bulan sudah saya bekerja menulis konten artikel pada platform baru yaitu wordpress. Selama 3 bulan ini saya cukup belajar banyak tentang seluk beluk wordpress, mulai dari belajar plugin, hingga cara instalasinya saya pelajari.

Dengan pengetahuan dan juga rasa penasaran yang amat dalam ini, saya memutuskan untuk membeli sebuah pelatihan wordpress untuk pemula demi memuaskan hasrat belajar yang sudah menggebu-gebu ini. Namun kembali lagi, tak adanya media belajar karena laptop Asus yang saya miliki mulai menurun performanya, maka proses belajar saya pun sedikit terkendala.

Saya mencuri waktu istirahat kerja saya untuk mempelajari materi demi materi tentang wordpress yang sudah saya beli tersebut. Saya yakin, dengan laptop Asus  VivoBook 14 A416 ini saya akan lebih dimudahkan mempelajari materi dengan segala kelebihannya tersebut.

3. Pemrograman

Belajar Pemrograman
Pada 31 Oktober 2020 yang lalu, saya baru saja diwisuda Ahli Madya di Politeknik Negeri Indramayu dengan program studi D3 Teknik Informatika. Walaupun sudah diwisuda, namun hasrat belajar tentang pemrograman ini tidak berhenti begitu saja. Terlebih di era 4.0 ini skill pemrograman sangat dibutuhkan sekali oleh banyak pihak.

Dengan spesifikasi mumpuni yang dimiliki oleh laptop Asus VivoBook 14 A416 ini saya yakin software penunjang pemrograman bisa dilibas oleh laptop terbaru dari Asus ini. Apalagi software Android Studio yang memerlukan alat tempur yang sangat memadai seperti yang ada pada laptop Asus ini.

4. SEO (Search Engine Optimization)

Belajar SEO

Teknik SEO (Search Engine Optimization) adalah teknik yang saat ini sedang saya tekun pelajari. Karena memang teknik ini sangat dibutuhkan untuk menunjang pekerjaan saya dibidang content writer. Dengan algoritma Google yang kadang berubah-ubah, mempelajari SEO adalah hal yang cukup menyenangkan. Karena memang kemampuan kita akan diuji oleh sebuah mesin pencari untuk berlomba-lomba menjadi nomor satu di halaman pencari bersama dengan jutaan website lainnya.

Dengan memiliki daya baterai sebesar 37Wh, maka saya bisa belajar SEO dan yang lainnya seharian menggunakan Asus VivoBook 14 A416 ini tanpa perlu khawatir akan baterai yang cepat habis. Untuk mengisi daya baterai dari 0 hingga 100% nya juga sangat cepat, hanya membutuhkan waktu 1,5 jam saja dan baterai laptop akan penuh kembali.

Hal tersebut lah yang membuat saya ingin belajar banyak hal dengan menggunakan laptop terbaru dari Asus ini.

Entertainment

Selain perlu belajar sesuatu, saya juga membutuhkan sesuatu yang membuat otak kembali segar. Biasanya untuk menyegarkan kembali kondisi tubuh dan otak, saya mendengarkan beberapa musik instrument ataupun menonton film terbaru. Kedua hal tersebut membantu saya untuk mengembalikan semangat dan juga menyegarkan kembali tubuh ini.

1. Mendengarkan Musik

Mendengarkan Musik
Dengan alunan musik yang tepat, dapat membuat tubuh menjadi rileks dan nyaman kembali. Terlebih apabila suara output yang dikeluarkan sangat jernih dan juga jelas. Asus VivoBook 14 A416 ini sendiri sudah dilengkapi dengan Audio Sonic Master yang mampu mengeluarkan suara sangat jenih dan juga jelas melalui speakernya.

2. Menonton Film

Menonton Film

Selain memutar lagu, saya juga senang menonton beberapa film untuk membantu meningkatkan semangat dalam hal belajar. Beberapa genre saya tonton, terutama film yang cukup menginspirasi agar bisa dijadikan sebuah motivasi untuk diri sendiri.

Dengan ukuran layar 14 inci dan juga screen-to-body ratio hingga 82%, membuat laptop Asus VivoBook 14 A416 ini memiliki layar yang sangat pas untuk dipandang lama oleh mata ketika menonton film, tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil.

Bekerja

Bekerja

Mungkin laptop Asus VivoBook 14 A416 ini akan sering saya gunakan untuk bekerja dalam membuat sebuah tulisan. Saya jatuh cinta dengan keyboard laptop ini yang memiliki backlit sehingga walaupun kondisi gelap saya tetap bisa melanjutkan pekerjaan saya untuk membuat sebuah tulisan.

Selain itu, keyboard dari laptop ini juga memiliki desain yang sangat ergonomis sehingga untuk seorang content writer seperti saya akan dimanjakan dengan kenyamanan yang didapat ketika mengetik dengan menggunakan laptop ini.

Gaming & Editing

Gaming dan Editing

Ketika waktu senggang atau libur, saya biasanya bermain game atau editing video dengan menggunakan laptop Asus A450L milik saya yang sudah menurun performanya karena baterai health dan juga hardisk healt. Penurunan performa pada sisi penting tersebut membuat laptop saya tak kuat lagi untuk melahap software editing ataupun gaming seperti saat pertama kali membelinya pada tahun 2015 silam.

Kini, baru membuka softwarenya saja sudah langsung not responding, padahal gaming dan juga editing adalah hobi yang saya senangi selama ini. Ketika laptop Asus VivoBook 14 A416 diluncurkan, saya berharap dapat memiliki laptop idaman tersebut.

Karena dengan laptop itu, saya bisa menyalurkan hobi saya yaitu gaming dan juga editing secara optimal. Dilengkapi dengan prosesor hingga 10th Gen Intel Core dan juga kartu grafis NVIDIA GeForce MX330, maka untuk membuka software yang perlu grafis ekstra seperti editing dan juga gaming akan lebih lancar.

Terlebih memori RAM yang disematkan sudah DDR4 yang sudah menjadi standar untuk laptop masa kini. Laptop ini juga sudah memiliki perlindungan yang ditingkatkan pada sektor HDD nya, peningkatan tersebut adalah penggunaan fitur peredam getaran bernama HDD E-A-R®. Dengan adanya proteksi HDD tersebut tentu saja akan membuat HDD tahan akan benturan secara fisik, dan akan secara efektif mengurangi kemungkinan kerusakan pada HDD.

Freelance

Lakukan Freelance

Hal terakhir yang akan saya lakukan ketika memiliki laptop Asus VivoBook 14 A416 ini adalah mengerjakan freelance. Selain bekerja pada siang hari, saya juga terkadang mengambil beberapa pekerjaan tambahan alias freelance menjadi seorang penulis artikel bayaran pada malam hari.

Dengan laptop Asus VivoBook 14 A416, saya jamin suasana freelance saya akan menjadi lebih menyenangkan. Ditemani dengan speaker jernih dan jelas, layar Full HD, Keyboard yang sangat nyaman, dan dapur pacu mumpuni, maka nikmat mana lagi yang kau dustakan?

Kenapa Asus VivoBook 14 A416?

Beberapa kelebihan dari laptop Asus VivoBook 14 A416 sudah saya jelaskan sedikitnya di atas, yaitu layar Full HD, Keyboard nyaman, dapur pacu mumpuni, hingga audio speaker yang sangat jernih dengan Sonic Masternya.

Lalu, apa lagi kelebihan dari Asus VivoBook 14 A416 ini? Dan kenapa harus Asus VivoBook 14 A416 ? Berikut ulasan lengkapnya bisa Anda simak di bawah ini.

Desain Modern dan Ringkas

Desain ASUS Vivobook 14 A416

Asus VivoBook 14 A416 adalah laptop modern yang memiliki konsep dan juga desain untuk seseorang yang memiliki mobilitas tinggi. Laptop ini hadir dengan bodi yang cukup ringkas dan juga ringan, bobot laptop ini hanya seberat 1,6 kilogram saja. Dengan ketebalan hanya 19,9 mm, membuat laptop ini tetap mudah dibawa kemanapun menemani mobilitas pemiliknya.

Tak hanya desain dan bodinya saja yang ringkas, melainkan charger dari laptop Asus ini juga hadir dengan bentuk yang ringkas dan mudah untuk dimasukkan ke ruang kecil di dalam tas.

Hadir dengan teknologi NanoEdge Display, mampu membuat VivoBook 14 A416 memiliki bodi yang ringkas dibandingkan dengan laptop ukuran 14 inci lainnya. Teknologi tersebut membuat bezel pada layar laptop VivoBook 14 A416 tampil dengan sangat tipis, sehingga laptop ini memiliki screen-to-body ratio hingga 82%.

Selain itu, laptop Asus VivoBook 14 A416 ini juga memiliki resolusi layar hingga Full HD dengan ukuran 14 inci. Layar dengan ukuran dan resolusi tersebut tentu saja akan membuat mata menjadi lebih nyaman ketika menatap layar laptop dalam waktu yang lama. Terlebih layarnya sudah dilapisi dengan anti silau (anti-glare) dengan sudut pandang yang mencapai 178 derajat.

Fitur Berlimpah

Fitur Asus Vivobook 14 A416

Tak hanya memiliki desain mewah dan juga modern, ASUS VivoBook 14 A416 ini juga sudah dilengkapi dengan berbagai fitur premium nan mewah. Sebut saja diantaranya adalah keyboard full size yang sudah dilengkapi lampu backlit di dalamnya. Dengan fitur tersebut tentu saja pengguna dapat menggunakan laptop ini di kondisi gelap atau minim cahaya. Kecerahan cahaya dari backlitnya juga memiliki 3 level kecerahan dan dapat diatur sesuai kebutuhan pengguna.

Selain backlit, keyboard laptop ASUS VivoBook 14 A416 ini juga dirancang secara ergonomis dan kokoh hingga kenyamanan saat mengetik juga bisa dirasakan. Key travel sejauh 1,4 mm pada keyboard juga semakin menambah kenyamanan kepada penggunanya.

Setelah keyboard, kita akan beranjak ke fitur selanjutnya yang hadir pada beberapa varian atau tipe ASUS VivoBook 14 A416. Fitur ini adalah fitur keamanan sidik jari yang hanya ada pada varian prosesor Intel Core i5. Fitur ini akan membantu pemilik untuk masuk ke dalam desktop utama pada Windows 10 Home dengan menggunakan Windows Hello. Sehingga dengan adanya fitur ini, pengguna tak perlu lagi mengetikkan kata sandi ketika ingin masuk.

Untuk saya yang seorang pekerja content writer, produk dari Microsoft Office adalah bagaikan media bekerja untuk pekerjaan saya. Alasan lain saya menginginkan laptop ini juga karena sudah dilengkapi dengan produk Microsoft Office Pre-Installed di dalamnya. Microsoft Office Home & Student 2019 ini hadir secara gratis untuk pengguna ASUS VivoBook 14 A416.

Laptop ini juga memiliki fitur konektivitas yang cukup lengkap untuk menunjang aktivitas penggunanya. Mulai dari Port USB Type-C, USB Type-A, USB 2.0, HDMI, microSD reader, serta audio combo jack. Sementara untuk fitur nirkabelnya, ASUS VivoBook 14 A416 dibekali dengan WiFi 5 (802.11ac) sebagai penghubung jaringan internet. Dan juga dibekali dengan Bluetooth 4.1 yang dapat menghubungkan pengguna ke banyak aksesori nirkabel seperti Speaker Bluetooth hingga Earphone Bluetooth.

Sebagai laptop yang didesain untuk seseorang dengan kebutuhan mobilitas yang tinggi, tentu saja laptop ASUS VivoBook 14 A416 perlu memiliki konstruksi yang kokoh. Untuk itu laptop ini sudah dibekali sebuah chassis yang terbuat dari logam pada rangka layar dan di bawah keyboard. Dengan begitu konstruksi bodi dari laptop ASUS VivoBook 14 A416 juga akan semakin kuat dan tangguh.

Audio Sonic Master

Audio Sonic Master ASUS A416

Untuk kualitas audio ASUS VivoBook 14 A416 sendiri sudah sangat bagus, terpasang audio Sonic Master, membuat laptop ini menghasilkan suara yang sangat jernih dan juga jelas. Maka dari itu untuk Anda yang senang mendengarkan musik, menonton film, belajar online, dan lain-lain akan dibuat nyaman dengan suara yang dihasilkan oleh ASUS VivoBook 14 A416 ini.

Aplikasi MyASUS

Aplikasi MyAsus

Masih ada kelebihan lain dari ASUS VivoBook 14 A416 ini, yaitu hadirnya aplikasi Link to MyASUS yang bisa disambungkan dengan laptop ini untuk menjadi pusat control melalui smartphone. Aplikasi MyASUS adalah aplikasi yang dibuat secara resmi oleh ASUS untuk memantau status laptop serta melakukan troubleshooting.

Dengan menggunakan aplikasi ini, dapat  memungkinkan pengguna ASUS VivoBook 14 A416 bisa menghubungkan laptop dengan ponsel pintar miliknya, Dengan begitu produktifitas pengguna juga lebih dimudahkan karenanya. Banyak fungsi yang bisa dimanfaatkan dari aplikasi ini, diantaranya dapat menampilkan pesan atau notifikasi dari smartphone ke layar laptop, lalu melakukan panggilan telepon langsung melalui laptop, hingga menjadikan layar smartphone layar kedua untuk laptop.

Link to MyASUS juga menyediakan fitur berbagi file secara instan antara kedua device tersebut, yaitu laptop dan juga smartphone pemilik.

Sektor Dapur Pacu Gahar

Dapur Pacu Asus A416

Berpindah ke sisi dapur pacu dari laptop ini, ASUS VivoBook 14 A416 sudah dibekali dengan prosesor 10th Gen Intel Core yang terbaru. Varian tertinggi laptop ini dibekali dengan prosesor Intel Core i5-1035G1 dengan konfigurasi 4 core dan 8 thread.

Dengan dapur pacu yang gahar tersebut tentu saja akan memudahkan pengguna ketika melakukan kegiatan multitasking pada laptop ini. Beralih ke sisi kartu grafis yang ada pada laptop ini, beberapa varian ASUS VivoBook 14 A416 sudah menggunakan kartu grafis NVIDIA GeForce MX330. Dengan kartu grafis tersebut tentu saja laptop dapat melahap berbagai aplikasi dengan kebutuhan grafis yang cukup besar seperti gaming, editing foto, dan juga editing video.

Untuk menunjang performa dapur pacu dan kartu grafis di atas, ASUS VivoBook 14 A416 juga disematkan memori yang cukup mumpuni. Dengan menggunakan memori RAM DDR4, maka membuat laptop memiliki peforma yang cukup tinggi. Terlebih memori tersebut dapat di-upgrade hingga 12 GB besarnya, tentu saja pengguna akan dimanjakan dengan baik.

Disisi penyimpanan sendiri laptop ini mengandalkan dua jenis penyimpanan handal, yaitu 2,5” SATA dan juga M.2 PCIe. Penyimpanan SSD ini tentu saja dapat membuat proses booting laptop ini sangat cepat, terbukti dalam pengetesan, laptop ini hanya perlu waktu 10 detik saja untuk booting hingga menyala. Laptop Idaman sekali untuk dimiliki.

Kesimpulan

Bagi saya, laptop ini sangat worth it untuk seseorang yang memang memiliki mobilitas tinggi serta mengandalkan sebuah laptop untuk aktivitasnya. Seperti pelajar, tenaga pendidik, mahasiswa, hingga pekerja. Karena memang dengan harga mulai dari 4 jutaan dan spesifikasi mumpuni yang mampu melahap multitasking dengan mudah membuat laptop ini menjadi sangat rekomendasi untuk dimiliki.

Spesifikasi ASUS VivoBook 14 A416

CPU Intel® Core™ i5-1035G1 Processor 1.0 GHz (6M Cache, up to 3.6 GHz)
Intel® Core™ i3-1005G1 Processor 1.2 GHz (4M Cache, up to 3.4 GHz)
Intel® Celeron N4020 Processor 1.1GHz (4M Cache, up to 2.8GHz)
Sistem Operasi Windows 10
Memori 4GB DDR4 RAM
Storage 1TB 5400 rpm SATA HDD
256GB PCIe® Gen3 x2 SSD
512GB PCIe® Gen3 x2 SSD
1TB HDD + 256GB SSD
Layar 14.0" (16:9) LED backlit FHD (1920x1080) IPS Anti-Glare
14.0" (16:9) LED backlit FHD (1920x1080) Anti-Glare
14.0" (16:9) LED backlit HD (1366x768) Anti-Glare
Kartu Grafis NVIDIA GeForce MX350 (optional)
Intel UHD Graphics
Input/Output 1x HDMI 1.4, 1x 3.5mm Combo Audio Jack, 1x USB 3.2 Gen 1 Type-A, 1x USB 3.2 Gen 1 Type-C, 2x USB 2.0 Type-A, Micro SD card reader
Kamera VGA Web Camera
Konektivitas Wi-Fi 5 (802.11ac), Bluetooth 4.1
Audio SonicMaster, Audio by ICEpower®, Built-in speaker, Built-in microphone
Baterai 37WHrs, 2S1P, 2-cell Li-ion
Dimensi 32.54 x 21.60 x 1.99 ~ 1.99 cm
Berat 1,6 Kg
Warna Transparent Silver, Slate Grey
Harga Rp4.799.000 (Celeron N4020 / Intel UHD Graphics / 4GB / 1TB HDD)
Rp4.899.000 (Celeron N4020 / Intel UHD Graphics / 256GB PCIe SSD)
Rp6.699.000 (Core i3 / Intel UHD Graphics / 4GB / 1TB HDD)
Rp7.099.000 (Core i3 / Intel UHD Graphics / 4GB / 512GB PCIe SSD)
Rp7.499.000 (Core i3 / GeForce MX330 / 4GB / 256GB PCIe SSD)
Rp10.099.000 (Core i5 / GeForce MX330 / 4GB / 512GB PCIe SSD)
Rp10.799.000 (Core i5 / GeForce MX330 / 4GB / 1TB HDD + 256GB PCIe SSD)
Garansi 2 tahun garansi global

 

Related Posts

Related Posts

1 komentar